Selasa, 13 Desember 2016

Kangen Ngetik

Kangen juga ngetik, lama ngak nulis. Lama banget. Ini tulisan saya satu-satunya di tahun 2016.
Saya lagi gelisah banget. Denger music di hp bosen, cari lagu di youtube sayang pulsa. Saya tiba-tiba jadi teringat dengan suasana rapat bersama Pak ASDP. Saya sih bukan termasuk apa apa dari ASDP. Saya cuma pedadang. Berdagang di mana tempatnya di areal milik ASDP penyebrangan Padangbai-Lombok. Saya punya ide bagaimana kalau kita para dangang ngasi harga yang kompak kepada pembeli. Biar pembeli itu ngak banding-bandingin harga sama dagang yang lain. Misalnya nih harga kopi 3000 per gelas, atau harga aqua tanggung 4.000 perbotol dan sampurna mil 22.000. Tapi untuk harga rokok sih setiap bulanya mengalami kenaikan ya. Kalau kayak gini tiap bulan meski berembug. Saya juga punya ide, gimana kalau pedagang memakai seragam yang kompak. Seragamnya itu sejenis kemeja. Tapi bukan kemeja ala pegawai2 kantoran sih. Ya yang penting modelnya kemeja aja.
Alasan saya memilih kemeja sebagai seragam, biar kelihatan rapi aja gitu. Nah kalau kita rapi kita kan kelihatan berwibawa. Kali aja tanpa sengaja menjadi daya tarik ke pada calon pembeli. O,ya untuk berapa x ganti sih saya sih penganya ngusul 3 seragam kemeja dan 1 kaos modelnya leher. Nah,  model kaos leher ini di pakai pas hari minggu atau tanggal tanggal merah. Dan warna kaos ini juga saya pengen ngusulin warnanya merah. Alasanya karna tanggal 17 agustus itu merah. Bendera kita merah putih. Kan keren tuh kalau kita makai seragam warna merah kompakan. Nah untuk kemejanya sih apa aja deh, silakan di rembugin saat rapat.Ya,  kali aja tulisan saya ini dibaca oleh pak meneger ASDP.

O, ya smbil saya jalan nulis nih, saya pengen ngenalin karakter saya pribadi lagi. Saya itu dulu, pendiem banget orangnya. Secara ngak langsung ni ya perubahan konsep dangang Pelabuhan Padangbai mampu merubah saya jadi aktip berbicara. Kenapa saya bilang perubahan konsep? Karna dulu kan pakai meja, bangku dan kita bisa majang dangangan sebanyak mungkin. Skarang?? Sekarang udah ngak bisa begitu. Sekarang itu cuma boleh bawa dagangan 1 keranjang. Makanya saya bilang perubahan konsep. Kalau ada pembeli yang nanyak." Lho dik kok sekarang kayak gini?" Ia pak perubahan konsep. Bukan cuma dagang  berubah konsep tapi, tapi loketnya juga move on. Ia move on, yang artinya sudah pindah jalur. Dulu jarul pembelian pembelian tiket sepeda motor itu ada di jalur kami jualan. Sekarang udah ngak lagi.

Dulu saya pemalu banget. Nawarin kopi kepada calon pembeli aja aneh. Nadanya itu lho. Tapi kalau sekarang beda. Kalau sekarang ada yang lewat saya ikut bilang  "ngopi pak, mas ngopi dulu, beli rokok. Ibuk beli antimo, aqua dll.

Hmmz, sambil nulis jalan lagi nih, mau ceritain dikit. Sebenarnya sih kita sudah di bikinin kios. Bentuknya itu behadap-hadapan. Dimana kiosnya itu 6x4 kotak. 4 memanjang, 6 dari depan, tapi ada 2 gang.
modelnya itu kaya gini.

aduh, gue ngak bisa gambar nih. Nex ya. Mudah2n bisa.

Dangangnya itu ngumpul di sana buat jualan. Tapi posisinya itu ngak adil banget. Kenapa saya bilang ngak adil? Soalnya ada yang dapet di depan ada juga yang dapet di belakang. Ya sih yang dapet di depan enak, nah yang di belakang? Sebenarnya sih posisi  tempat di bikinin kios bagus ya. Bagus buat di depan, ngak adil buat yang di bel;akang. Tapi enw, pedangang yang menempati kios di belakang maupun tengah, tidak mau menyerah. . Mereka pindah ke tempat mereka jualan dulu. Termasuk saya. Nah, mulai dari sini nih saya jadi aktip berbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bangun keramah-tamahan serta perkenalan dengan komentar